TRADISI

Banyak di antara kita umat Islam yang setia mengamalkan suatu amalan yang bersumber dari tradisi nenek moyang,bahkan di antaranya dipimpin oleh tokoh-tokoh agama di kampungnya sehingga mereka menganggap bahwa apa yang mereka lakukan itu adalah bagian dari amalan/syariat Islam,padahal tidaklah demikian.
Segalah kepercayaan dan amalan dalam agama Islam adalah kebenaran yang bersumber dari wahyu,baik dalilnya dalam Al Quran maupun pada sunnah Rasul dan itu syariat yang diperintahkan Allah untuk diikuti/ditaati dan Allah melarang kita mengikuti sayariat dari orang-orang yang tidak mengetahui (QS. Al Jatsiyah:18). Siapa orang-orang yang tidak mengetahui itu ?. Yang dimaksudkan Allah sebagai orang yang tidak mengetahui,antara lain:
1. Kebanyakan manusia,yang melakukan amalan hanya karena ikut-ikutan pada amalan orang banyak tanpa mengetahui kebenaran amalan tersebut,padahal mereka hanya mengikuti persangkaan belaka (QS. Al An Aam:116)
2. Orang-orang yang suka mengeluarkan pendapat atau fatwa yang tidak berdasar pada Al Quran dan Sunnah Rasul atau asal ngomon tanpa dasar ilmu,mereka itulah yang akan merugikan manusia lainnya (QS.Al Mu’minuum:34)
3. Nenek moyang yang membuat kepercayaan dan amalan yang berdasarkan pada persangkaannya tanpa petunjuk dari Allah,mereka itu yang aka menyesatkan manusia atau yang akan mengantarnya ke dalam api neraka (QS. Al Baqarah:170, Al Maaidah:104 dan Luqman:21).
Oleh karena itu,wahai saudaraku berhati-hatilah melakukan suatu amalan yang amalan itu banyak dilakukan masyarakat,namun tidak ada dalil khusus yang mensyariatkan amalan itu,maka bisa saja kalian akan rugi tenaga,rugi waktu danrugi segala-galanya.Sebelum melakukan suatu amalan maka tanyakanlah diri atau orang-orang yang berilmu apakah amalan itu adalah sunnah atau tradisi nenek moyang ?,kalau sunnah maka lakukan dan kalau tradisi maka tinggalkan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s