PENGAKUAN HIJRAH SEORANG AHLI BID’AH

Posted on Updated on

images
Di sebuah desa terdapat sebuah keluarga yang dianggap asing oleh lingkungan karena hijrah meninggalkan Amalan-amalan bid’ah yang sudah mendarah daging dalam masyarakat.Berikut pengalamannya:
”Aku adalah seorang warga yang lahir dan dibesarkan dalam keluarga yang beragama Islam,yang kata ayahku bahwa kami sekeluarga atau sekampung adalah golongan ahlusunnah waljamaah.Aku bangga sebagai ahlu sunnah waljamaah,karena golongan ini kata guruku adalah golongan yang dijamin masuk surga.
Kujalankan Islam sesuai yang dilakukan oleh masyarakat,termasuk amalan yang tidak pernah diajarkan oleh guru-guru agama di sekolah,antara lain selamatan untuk orang mati,mengaji untuk orang mati,barzanji,peringatan maulid Nabi SAW di rumah-rumah warga,dan sebagainya.Aku percaya bahwa semua itu adalah kebaikan dan termasuk amalan Islam karena dipimpin oleh imam-imam dan bahkan Pak Kyai yang kukenal sebagai panutan dalam Islam,apapun yang dikatakan atau dilakukan Pak Kyai kami pasti percaya bahwa itu adalah kebenaran.
Selain itu,aku aktif pula apa amalan yang diajarkan oleh dukun sekaligus guru tarekatku,yaitu mendekatkan diri kepada roh-roh seperti roh penguasa bumi,penguasa air,penguasa adat dan nama-nama lainnya yang membuat kami ketakutan untuk tidak mempercayainya,kami melakukan persembahan sesajen kepada roh-roh yang rutin pada waktu tertentu.
Yang membuatku bangga sebagai umat Islam,karena aku menganut ajaran tarekat,bahkan guru tarekatku telah menjaminku masuk surge hanya dengan bermodalkan emas 1 gram dan uang Rp.250.000,- ,bagiku surge itu murah.Beberapa ilmu yang telah kuperoleh dari guruku antara lain sahadat batin,shalat batin,zikir batin,puasa batin,nikah batin dan lain batin-batin lainnya. Dengan shalat batin guruku menjamin aku bisa masuk surga tanpa melalui pemeriksaan Mungkar dan Nakir,sekalipun aku tidak melaksanakan shalat lima waktu atau puasaku hanya 9 hari di Bulan Ramadhan.Aku memiliki banyak mantra,termasuk untuk menaklutkan hati perempuan yang ingin kupacari dan mantra kekebalan terhadap senjata,dan memang telah terbukti.
Yang paling kubenci di kampungku adalah seorang keluarga yang selalu disebut orang Muhammadyah,karena mereka amat membenci kepercayaan dan amalan kami,yang katanya sesat,bid’ah dan syirik.Mereka menuduh tarekat kami sesat padahal guruku mengaku mendapat ilmu langsung dari Allah dan bahkan guruku mengaku sudah tiga kali dikuburkan,bagiku guruku terekatku itu adalah wali Allah walau kuakui bahwa guruku tidak pernah menginjak masjid,tidak berpuasa di bulan Ramadhan,anti al Quran dan hadis”.
Semoga menjadi inspirasi.
Hingga…. Suatu ketika Allah memberiku cobaan berupa penyakit,yang dokter-dokterpun tidak tahu jenis penyakit dan obatnya.Tabib-tabib dan dukun-dukunpun tidak berhasil sebagamana yang dijanjikan.Segala usaha telah kulakukan untuk melawan penyakit tapi aku selalu saja kalah,sampai kudapatkan berita bahwa “Allah sayang kamu”,”Allah menginginkan aku kembali ke jalannya”,”Allah ingin mengampuni dosa-dosaku”. Terjadi perdeabatan dalam batinku,”Salahkah jalan hidupku ?,banyakkah dosaku ?,sesatkah kepercayaan dan amalanku selama ini ?.
Akhirnya aku tertarik membaca dan mengkaji Al Quran dan Terjemahannya. Melalui Al Quran inilah Allah membimbingku untuk mengenal kebenaran. Melalui Al Quranlah aku mulai paham bahwa Islam tidak boleh dicampuradukkan dengan ajaran nenek moyang, Allah memanggilku untuk kembali ke Al Quran dan Sunnah Rasul-Nya dan meninggalkan tradisi-tradisi nenek moyang. Melalui al Quranlah,Allah memberitahukanku bahwa roh-roh penguasa bumi,air,adat dan sebagainya itu hanyalah nama yang dibuat-buat oleh nenek moyang yang tidak pernah Allah ciptakan yang seperti itu. Melalui Al Quranlah,Allah mengajariku bahwa ajaran yang bersumber di luar dari Al Quran adalah ajaran setan,setanlah yang mengajari guru-guru tarekatku dengan ajaran-ajaran sesat agar kami seperguruan masuk neraka.Mantra-mantra adalah ajaran setan dan bisa terbukti karena bantuan setan,setanlah yang membuktikannya.Melalui Al Quran,Allah memebritahukanku bahwa dukun adalah wali dan utusan setan untuk menyesatkan manusia,kuburan keramat adalah tempat-tempat setan untuk menyesatkan manusia.Setan di kuburan keramat itulah menjalin kerja sama dengan dukun-dukun untuk menyebarkan kesesatan dan kesyirikan.
Selanjutnya,akupun terus mengkaji ajaran Islam dengan membeli dan membaca Kitab-Kitab Hadis,dan Buku-Buku Islam yang mengajarkan berislam yang benar sesuai dengan Al Quran dan Sunnah Rasul.
Dan akhirnya,kuakui bahwa yang dikatakan oleh “Orang Muhammadyah” dulu yang kubenci itu adalah benar,bahwa kepercayaan dan amalanku dulu itu adalah sesat,bid’ah dan syirik.
Kini dalam kondisi yang semakin lemah aku masih giat menuntut ilmu dan berusaha mengamalkannya.Kujemput kematianku dengan berusaha mengamalkan sunnah dan meninggalkan amalan-amalan bid’ah.bagiku,bid’ah adalah sesat sekalipun dilakukan atau dipmpin oleh Kyai atau Tokoh-tokoh agama,yang benar hanyalah sunnah,yaitu kepercayaan dan amalan yang bersumber dari Allah dan diajarkan oleh Rasul-Nya,sedangkan bid’ah adalah kepercayaan dan amalan yang bersumber dari hawa nafsu manusia yang tidak mendapat petunjuk atau yang tidak mengetahui kebenaran.
Dan telah menjadi tekadku untuk mendakwakan kebenaran dengan harapan saudara-saudaraku giat menuntut ilmu agar sadar atas kekeliruannya sehingga bisa meningalkan bid’ah dan kembali kepada sunnah.Dan kepada saudara seperguruan tarekatku,sadarlah bahwa tarekat yang kalian ikuti itu adalah atarekat sesat sebagai ajaran setan,segeralah tinggalkan sebelum Maut datang menjemputmu,marilah kita bersama-sama berjalan menuju Allah melalui jalan yang telah dibentangkan Allah yang dituntunkan oleh Rasulullah SAW.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s