DUKUN ITU SESAT DAN MENYESATKAN

Posted on

ASALAMU ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH
Salah satu nikmat terbesar Allah kepada kita adalah nikmat iman dan nikmat Islam, karena tidak semua orang bisa dianugerahi iman tanpa kehendak Allah,dan tidak semua orang bisa beragama Islam tanpa kehendak Allah. Alhamdulillah kita adalah orang yang dikehendaki Allah untuk beriman dan beragama Islam.Oleh karena itu mari kita syukuri nikmat ini dengan mewujudkan keimanan kita dengan cara melaksanakan Islam sesuatu dengan ajaran Allah dan tuntunan Rasulullah SAW.
Sebagai umat Islam,tentu kita tak pernah lupa mengirimkan salawat kepada guru besar kita,Rasulullah Muhammad SAW,yang merupakan utusan Allah dalam mengajarkan Islam kepada umatnya.Oleh karena itu,marilah kita senantiasa mengkuti tuntunan Rasulullah SAW dan tidak mengikuti tuntunan atau ajaran lainnya,seperti ajaran dukun.
cropped-katakan-allah-itu-esa.jpg

SAUDARA-SAUDARA PENCINTA ISLAM YANG SEMOGA DIRAHMATI ALLAH
Pada kesempatan ini,kami hadir memberi peringatan kepada saudara-saudara tentang bahwa mempercayai dan mendatangi dukun.
Penyakit yang membuatku mengenal beberapa dukun.Namun,penyakit itu pula yang menyadarkanku bahwa ternyata dukun itu adalah utusan Iblis untuk menyesatkan manusia dari jalan Allah.Mulanya aku kagum terhadap dukun yang memiliki berbagai kelebihan,antara lain dapat meramal,dapat mengobati segala macam penyakit tanpa operasi dan tanpa pendidikan, memiliki ilmu-ilmu batin,dapat memberi berkah kepada orang yang kaya atau cepat kawin, dapat membantu seorang untuk melenyapkan musuhnya di muka bumi,dapat membantu seseorang untuk mewujudkan ambisinya dan sebagainya, sampai aku benar-benar percaya bahwa dukun adalah kekasih Allah yang mendapat ilmu dan petunjuk dari Allah.Sehingga akupun percaya bahwa dukun itu telah menguasai ilmu ma’rifat sehingga biar tidak sembahyang,biar tidak menginjak masjid,atau biar tidak puasa tidak ada masalah baginya karena telah terjamin keselamatannya di akhirat. Beberapa ilmu yang kuperoleh dari kedekatanku dengan dukun,antara lain ilmu kekebalan,ilmu mahabbah/percintaan,dan ilmu-ilmu tarikat keselamatan akhirat tanpa perlu melaksanakan syariat Islam.Tapi itu dulu sebelum tahun 2007,setelah itu penulis pertaubat dari segala hal yang berhubungan dengan dukun,kini kuaktif mengkampayekan kesesatan dukun untuk menyelamatkan saudara-saudara yang lain.
Namun,karena karena keseringan berhubungan dengan dukun akhirnya muncul kecurigaan dalam diri tentang siapa dibalik dukun itu.Ada dukun kalau mau mengobati orang masuk dulu ke kamarnya menemui sesorang yang gaib.Ada dukun kalau mau mengobati dimasuki dulu oleh roh lain dan mengaku sebagai orang yang dikubur seperti Daeng Toa,Syekh Yusuf dan sebagainya.Ada dukun kalau mengobati melihat-lihat dulu daun siri lalu ada yang datang membisikinya.Ada dukun kalau mau mengobati membuka-buka dulu Al Quran lalu menebak penyakit.”Berarti dukun itu tidak ada apa-apanya karena tergantung pada orang yang membisikinya,yang membantu pengobatannya”,batinku.
Mataku sendiri menyaksikan seorang dukun yang kesurupan dan mengaku Daeng Toa yang kuburannyan di Panaikang Bantaeng datang membawakan emas untuk dukun itu,ternyata benar,kotak yang telah disiapkan penuh dengan perhiasan emas,”emas itu dari mana sampai begitu banyak,jangan..jangan…”. Pikiranku mencurigai,jangan-jangan emas itu dicuri di tokok emas,kasihan pemiliknya.Aku semakin curiga pada siapa dibalik dukun itu,saat dukun perempuan itu membawaku ke sebuah hutan di Teko Bantaeng.Di dalam hutan itu ada tempat berhala.Aku bersama pasien lainnya harus memberikan penghormatan kepada benda berhala yang diletakkan di atas rumah-rumah yang dipimpin oleh dukun perempuan tersebut.”Wah… ada yang tidak beres nih kalau begini,inikan menyembah berhala”.

SAUDARA-SAUDARA PENCINTA RASULULLAH SAW YANG SEMOGA ALLAH MERAHMATI KITA SEMUA
Umumnya dukun memiliki kesamaan dalam menjalankan profesInya,antara lain:
1. Meramal nasib seseorang melalui telapak tangan atau dari namanya,jadi mereka seakan-akan mengetahui perkara yang gaib,atau hal-hal yang terjadi pada diri manusia padahal mereka tidak pernah belajar ilmu ramalan.Mereka juga mengetahui waktu yang baik dan waktu yang buruk.
Ada dukun yang merupakan keluarga penulis sendiri pada tahun 1991 mengatakan bahwa akan kiamat pada tahun 2005,tetapi tidak terbukti.Ada pula dukun yang mengatakan pada penulis bahwa bisa lulus jadi PNS kalau menyeberang lautan,tetapi tidak terbukti karena penulis lulus di daerah sendiri.
2. Dukun mampu menebak suatu penyakit hanya melalui daun siri,rokok,lembaran Al Quran,dari nama dan sebagainya,padahal mereka tidak pernah belajar ilmu kedokteran.
3. Jenis penyakit pasienpun selalu ada kesamaan,antara lain karena amarah roh penghuni kuburan atau tempat keramat,amarah nama-nama penguasa gaib “patanna butta,patta kampong,patanna je’nek,patanna anrong pare,patanna jeknek,patanna pakkalengkeran, patanna pangadakkan”,dan sebagainya.Ada juga yang mengatakan sihir yang dikirim oleh orang yang sakit hati atau iri pada pasien.
4. Cara mengobatinya pun selalu ada kesamaan,yaitu memberikan air yang telah dimantra-mantrai untuk diminum atau dimandi,memberikan minyak-minyak yang telah dimantrai ,memberikan jimat-jimat untuk digantung di tubuh,atau ditempel di jendela atau disimpan di bawah kasur atau diikat dipergelangan kaki/tangan.Ada pula yang menyuruh pasien untuk mendatangi tempat/kuburan keramat untuk mempersembahkan sesajen atau menyembeli hewan untuk penghuni tempat/kuburan keramat tersebut.Ada pula dukun yang menyuruh pasiennya membuat rumah-rumah lalu disimpan di atas langit-langit rumah,atau menyuruh pasien membakar kemenyan setiap malam Senin atau malam Jumat.
5. Umumnya dukun memiliki ilmu-ilmu batin yang bisa menyelamatkannya di akhirat,sehingga rata-rata dukun itu tidak sembahyang,tidak menginjak masjid,puasa semaunya,tetapi menunaikan ibadah haji.Ada pula dukun yang merangkap sebagai guru tarekat,yang mengajarkan sahadat batin,shalat batin yang semuanya tidak didapati dalam Al Quran dan sunnah Rasulullah SAW dan itulah yang dianggap penting dibanding syariat yang diturunkan Allah.Sungguh hebat dukun-dukun itu.Yang lebih hebat lagi adalah dukun-keluarga penulis yang mengaku pernah naik ke langit dan bertemu dan melihat langsung wajah Allah,wah terlalu hebat karena Rasulullah SAW saja waktu Isra’ M’raj mengaku hanya mendengar suara dan melihat cahaya yang amat terang dan tidak melihat langsung wajah Allah,yang dilihatnya hanyalah wajah Malaikat Jibril yang asli.
DSC_0002013

KAUM MUSLIMIN DAN MUSLIMAT RAHIMAKUMULLAH
Kecurigaanlah yang mendorong penulis untuk menyelidiki tentang siapa dibalik kehebatan dukun itu ?, Siapa yang ditemui dukun itu di dalam kamarnya ?.siapa yang membisiki dukun itu ?,benarkan yang masuk ke tubuh dukun itu adalah roh penghuni kuburan/tempat keramat itu,emas yang dibawa oleh roh yang memasuki dukun apa miliknya sendiri atau dicuri di took emas ?.Apakah ilmu-ilmu batinya itu dibenarkan dalam Islam ?.Kupelajari Al Quran terjemahan,Kitab Hadis,Buku-Buku Agama dan Majalah Islam.
Dari keterangan Al Quran,Hadis dan pendapat Ulama,penulis menyampaikan beberapa pendapat tentang dukun,antara lain:
1. Dukun telah bersekutu dengan setan dari bangsa jin tetapi mereka tidak menyadarinya.Ilmu yang diperolehnya berasal dari ajaran setan dan yang membantu pekerjaannya adalah setan-setan dari bangsa jin,sebagaimana Firman Allah:
“Barangsiapa yang berpaling dari pengajaran Tuhan Yang Maha Pemurah (Al Quran), kami adakan baginya syaitan (yang menyesatkan) maka syaitan itulah yang menjadi teman yang selalu menyertainya. Dan sesungguhnya syaitan-syaitan itu benar-benar menghalangi mereka dari jalan yang benar dan mereka menyangka bahwa mereka mendapat petunjuk.” (QS.Az Zukhruf:36-37).
“Dan bahwasanya ada beberapa orang laki-laki di antara manusia yang meminta perlindungan kepada beberapa laki-laki di antara jin, maka jin-jin itu menambah bagi mereka dosa dan kesalahan “(QS. Jin : 6)
2. Dukun bisa meramal karena ada setan dari bangsa jin yang membisikinya,dan bisikan setan itupun tidak semuanya benar karena setan itu hanya mencuri berita di langit lalu ditambah 100 kebohongan.Dukun tidak tahu apa-apa tentang perkara yang gaib,yang dikatakannya itu hanyalah kebohongan dan ramalannya haram dipercaya.Perhatikan Firman Allah:
“Katakanlah tidak ada seorang pun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang ghoib kecuali Allah” (Qs. An-Naml : 65 ).
Berkata Asy Syaikh Al Allamah Abdurrahman As-sa’di Rahimahullah : “ Allah mengikrarkan bahwa Dia sematalah yang mengetahui perkara yang ghaib di langit dan di bumi sebagaimana Allha Ta’ala berfirman : “ Pada sisi Allah lah kunci-kunci semua perkara yang ghaib, tidak ada yang mengetahui perkara yang ghoib kecuali Dia sendiri dan Dia mengetahui apa yang ada di daratan dan dilautan dan tidak sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya pula dan tidak jatuh sebutir bijipun di kegelapan bumi dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering melainkan tertulis dalam kitab yang nyata.Dan Allah berfirman “ sesungguhnya hanya disisi Allah ilmu tentang hari kiamat dan Dia menurunkan hujan dan mengetahui apa yang ada di dalam rahim…” sampai akhir surat.Perkara yang ghaib dan semisalnya merupakan kekhususan bagi Allah dalam pengilmuanNya, tidak mengetahuinya baik itu malaikat yang terdekat atau nabi yang diutus. (Taisirul Karimur Rahman Syaikh As-Sa’dalam ayat ini).
3. Dukun tidak mampu merubah nasib seseorang dengan mendatangkan apa yang ditahan oleh Allah dan menahan apa yang didatangkan oleh Allah,seperti mempercepat jodoh orang yang ditakdirkan lambat dan memperlanbat orang yang ditakdirkan cepat, memenangkan kompetisi orang yang ditakdirkan kalah dan mengalahkan orang yang ditakdirkan menang.Yang bisa melakukannya hanya Allah,Dan segala yang terjadi pada diri manusia adalah takdir Allah yang telah tercatat jauh sebelum penciptaan langit dan bumi,jadi bukan karena pengaruh dukun,sebagaimana Firman-Nya:
“Dan jika Allah menimpakan sesuatu kemudharatan kepadamu, maka tidak ada yang menghilangkannya melainkan Dia sendiri. Dan jika Dia mendatangkan kebaikan kepadamu, maka Dia Maha Kuasa atas tiap-tiap sesuatu.” (QS.Al An Aam:17).
“Jika Allah menimpakan sesuatu kemudharatan sendiri (kesialan) kepadamu, maka tidak ada yang dapat menghilangkannya kecuali Dia” (QS.Yunus : 107).
“Tiada suatupun bencana yang menimpa di bumi dan tidak pula diri sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauh Mahfudz) sebelum kami menciptakannya” (QS. Al Hadid : 22).
Nabi Muhammad SAW saja tidak bisa mendatangkan kebaikan dan keburukan bagi manusia,apalagi yang bukan nabi,seperti Firman Allah:
Katakanlah: “Aku tidak berkuasa menarik kemanfaatan bagi diriku dan tidak (pula) menolak kemudharatan kecuali yang dikehendaki Allah. Dan sekiranya aku mengetahui yang ghaib, tentulah aku membuat kebajikan sebanyak-banyaknya dan aku tidak akan ditimpa kemudharatan. Aku tidak lain hanyalah pemberi peringatan, dan pembawa berita gembira bagi orang-orang yang beriman.”(QS.Al A’raaf:188)
th_095

SAUDARA-SAUDARA PENCINTA SUNNAH YANG DIRAHMATI ALLAH
4. Tentang nama-nama penguasa gaib yang disebutkan di atas itu semuanya dusta,Allah tidak pernah menciptakan semua itu,sebagaimana Firman-Nya:
“itu tidak lain hanyalah nama-nama yang kamu dan Bapak-bapak kamu mengadakannya. Allah tidak menurunkan suatu keteranganpun untuk menyembahnya. Mereka tidak lan hanyalah mengikuti sangkaan-sangkaan dan apa yang diinginkan hawa nafsu mereka” (Q.S. An Najm : 23).
Oleh karena itu,nama-nama tersebut tidak perlu ditakuti karena tidak bisa memberi hukuman,kalaupun ada yang sakit itu adalah ulah Iblis dan pasukannya,dan tidak perlu pula diharap memberi rezki,kalau ada yang terbukti maka itu hanyalah tipu daya setan,sebagaimana Firman Allah:
“Dan sembahan-sembahan yang mereka sembah selain Allah tidak dapat menghukum dengan sesuatu apapun” (Q.S. Al Mukmin : 20). “Sesungguhnya yang kamu sembah selain Allah itu tidak dapat memberikan rezeki kepadamu. Maka mintalah rezeki di sisi Allah dan sembahlah Dia dan bersyukurlah kepada-Nya” (Q.S. Al Ankabut : 17).
5. Cara pengobatan dukun,berupa persembahan sesajen kepada roh penghuni tempat/huburan keramat,pemberian jimat-jimat termasuk mempersekutukan Allah karena meminta pertolongan atau mempersebahkan kurban kepada selain Allah.Mendatangi suatu tempat yang diagungkan apalagi meminta sesuatu atau mempersembahkan sesuatu padanya termasuk syirik besar yang menyebabkan pelakunya masuk neraka.Ingat Firman Allah:
“janganlah kamu menyeru Tuhan yang lain di samping Allah, yang menyebabkan kamu termasuk orang yang diadzab” (Q.S. Asy Syuara : 213).
Rasulullah SAW bersabda“Barang siapa menggantungkan jimak penangkal pada tubuhnya, maka Allah tidak akan menyempurnakan kehendaknya” (HR. Abu Daud).”Jimat-jimat adalah syirik” (HR.Muslim).
6. Dukun itu adalah orang sesat dan menyesatkan.Oleh karena itu,harus dijauhi sejauh-jauhnya kalau memang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan beriman kepada hari akhirat,karena mendekati dukun akan menimbulkan kehancuran dalam beragama dan kesengsaraan hidup di akhirat.Ingat sabda Rasulullah SAW:
”Barangsiapa yang mendatangi tukang ramal atau dukun, membenarkan apa yang diucapkannya maka sungguh dia telah kafir terhadap apa yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Sholallahu alaihi wassallam “ (HR. Al-Hakim dan Ahmad).
“Barangsiapa mendatangi tukang ramal (dukun dan sejenisnya) menanyakan sesuatu maka tidak diterima sholatnya selama empat puluh malam” (HR Muslim)
“Bukan umatku dukun,dan orang yang mendatangi dukun,tukang zihir dan orang yang meminta bantuan zikir” (HR.Al Bazaar)
Asy Syaikh Al Allamah Shalih Fauzan berkata: “Karena keberadaan dukun sangat berbahaya bagi masyarakat yang berimbas kepada aqidah dan tauhid” (Iaanatul mustafid, jilid 1 hal 370). Dan berkata Asy Syaikh Shalih Al-Fauzan : ” Perdukunan termasuk perbuatan syirik dikarenakan didalamnya terkandung pengakuan dukun sebagai sekutu bagi Allah didalam ilmu ghoib ” (Al Mulakhos Syarhu Kitabit Tauhid : 217).
Dukun memiliki ilmu batin yang biasa diajarkan kepada pasien atau pengikutnya yang jahil (bodoh) dan malas beribadah.Dengan ilmunya itu maka para pengikutnya sudah merasa tenag dari azab Allah sekalipun tidak melakukan ibadah karena sudah ilmu yang menjamin keselamatannya di akhirat,padahal ilmu tersebut sumbernya di luar Al Quran dan Sunnah Rasul,jadi termasuk ilmu setan atau sesat,sebagaimana Firman Allah:
“Barangsiapa yang berpaling dari pengajaran Tuhan Yang Maha Pemurah (Al Quran), kami adakan baginya syaitan (yang menyesatkan) maka syaitan itulah yang menjadi teman yang selalu menyertainya. Dan sesungguhnya syaitan-syaitan itu benar-benar menghalangi mereka dari jalan yang benar dan mereka menyangka bahwa mereka mendapat petunjuk.” (QS.Az Zukhruf:36-37).
7. Dukun adalah penyebar kejahatan dan permusuhan
Dukun bisa membunuh orang lain atau membantu orang lain untuk melenyapkan musuh-musuhnya,atau membantu orang lain untuk membuat musuh-musuhnya sengsara karena kemiskinan atau penyakit.Makanya banyak orang yang takut kepada dukun,karena takut disihir atau disantet yang membuatnya mati mendadak atau mengerikan.Menyakiti ataupun membunuh orang lain itu pasti termasuk kejahatan.
Dukun dalam mengobati pasien kadang main fitnah,menfitnah tetangga atau rekan kerja pasien sebagai biang penyakit atau kehancuran usahanya atau yang membuat lambat pertumbuhan ekonominya,padahal semua itu hanyalah prasangka dan fitnah belaka.Dengan prasangak dan fitnah yang demikian maka pasien dan keluarganya bisa bertengkar dan bermusuhan dengan tetangga dan rekan kerja yang dituduh tersebut,sedangkan yang dituduh tidak tahun apa-apa.Ingat Firman Allah:
“Dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya), melainkan dengan suatu alasan yang benar.” (QS Al Isra : 33)
“Dan barang siapa yang membunuh seorang mukmin dengan sengaja, maka balasannya adalah jahanam. Ia kekal di dalamnya dan Allah murka kepadanya dan mengutuknya serta menyediakan azab yang pedih baginya.” (QS An Nisa : 93)
“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.” (QS.Al Hujuurat:12)
Membunuh dan yang dibunuh sama-sama masuk neraka,yang termasuk membunuh adalah dukun santet dan orang yang meminta bantuan dukun untuk membunuh orang lain,atau meminta bantuan dukun tetapi lebih duluan disantet oleh musuhnya lantas mati maka masuk juga neraka,sebagaimana Sabda Rasulullah SAW:
“Apabila dua orang Islam yang bertengkar dengan pedangnya, maka orang yang membunuh dan yang terbunuh sama-sama berada di dalam neraka.” Saya bertanya, “Wahai Rasulullah, sudah wajar yang membunuh masuk neraka, lantas bagaimana gerangan yang terbunuh?” Beliau menjawab, “Karena ia juga sangat berambisi untuk membunuh sahabatnya.” (HR. Bukhari).
Kalau orang lain dapat dibuat bermusuhan maka diri dukunpun demikian.Dukun begitu mudah memusuhi orang-orang yang tidak mengikuti keinginannya,atau yang menghina profesinya,makanya janganlah heran bila seorang dukun memusuhi seorang maka permusuhannya itu akan dibawa sampai mati sekalipun terhadap orang tuanya dan jangan harap seorang dukun akan meminta maaf kepada orang lain,karena dukun itu menganggap diri paling benar dan paling suci dibanding orang lain.Setan pengawal atau pemimpinnyalah yang mengajari bertahan dalam permusuhan,karena andaikan Alah atau malaikat yang memimpin dukun itu maka tidaklah mungkin akan mengajarinya membunuh atau menyebarkan permusuhan.

SAUDARA-SAUDARA YANG DIRAHMATI ALLAH
8. Dukun adalah utusan Iblis untuk menyesatkan manusia dari jalan Allah
Apapun cara bisa dilakukan Iblis untuk membuktikan persangkaan manusia,seperti persangkaan bahwa dukun itu hebat,persangkaan bahwa penghuni tempat kuburan keramat atau penguasa gaib bisa mendatangkan kebaikan (kekayaan atau kesembuhan) dan bisa pula mendatangkan keburukan (kemiskinan atau penyakit),sebagaimana Firman Allah:
“Dan sesungguhnya iblis telah dapat membuktikan kebenaran sangkaannya terhadap mereka lalu mereka mengikutinya, kecuali sebahagian orang-orang yang beriman.” (QS.Saba:20).
Jadi siapa saja bisa diganggu dan disakiti oleh Iblis dan pasukannya,kecuali anda yang benar akidahnya terhadap Allah,yang tidak percaya pada mitos-mitos atau persangkaan.Bagi anda yang percaya pada dukun akan muda diperdaya oleh Iblis dan pasukannya,kecuali saudara yang beriman kepada Allah,Rasul dan hari kemudian. Barang siapa yang hanya takut kepada Allah maka Iblis dan pasukannya akan takut kepada Allah.Ingat,Iblis telah bersumpah akan menyesatkan manusia dengan segala macam caranya dan tekadnya untuk menyesatkan manusia telah direstui oleh Allah,karena melalui Iblis dan pasukannya dapat diketahui siapa diantara manusia yang benar-benar beriman dan siapa yang tidak beriman.Perhatikan Firman Allah:
“Iblis menjawab: ‘Beri tangguhlah aku sampai waktu mereka dibangkitkan’ Allah berfirman ‘Sesungguh kamu termasuk mereka yang diberi tangguh.’ Iblis menjawab: ‘Karena Engkau telah menghukumiku tersesat aku benar-benar akan mereka dari jalan Engkau yang lurus. Kemudian aku akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka dari kanan dan kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur .”(QS. Al A’raaf:12-20).
“Tuhan berfirman: “Pergilah, barangsiapa di antara mereka yang mengikuti kamu, maka sesungguhnya neraka Jahannam adalah balasanmu semua, sebagai suatu pembalasan yang cukup. Dan hasunglah siapa yang kamu sanggupi di antara mereka dengan ajakanmu, dan kerahkanlah terhadap mereka pasukan berkuda dan pasukanmu yang berjalan kaki dan berserikatlah dengan mereka pada harta dan anak-anak dan beri janjilah mereka. Dan tidak ada yang dijanjikan oleh syaitan kepada mereka melainkan tipuan belaka.” (QS.Al Israa:63-64).
“Hai anak Adam janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh setan sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapakmu dari surga. Ia menanggalkan pakaian kedua untuk memperlihatkan kepada kedua auratnya. Sesungguh ia dan pengikut-pengikut melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguh Kami telah menjadikan setan-setan itu pemimpin-pemimpin bagi orang-orang yang tidak beriman.”(Al a’raf:27).
Berdasarkan uraian-uraian di atas maka sangat jelaslah bahwa dukun bukanlah kekasih Allah melainkan kekasih setan,Bukanlah orang yang mendapat petunjuk dari Allah melainkan mendapat kesesatan.Bukan tempat meminta bantuan atau pertolongan, melainkan tempat untuk menghancurkan masa depan kita di negeri akhirat.Bukanlah orang yang hebat lagi pintar melainkan orang lemah lagi bodoh.Kalianlah yang memahami agama,yang beriman dan bertakwa atas dasar ilmu,atas dasar kebenaran,atas dasar Al Quran dan Sunnah Rasulullah SAW sebagai orang yang pintar,Oleh karena itu jauhilah dukun sejauh-jauhnya agar Iblis tidak menjadikanmu sebagai hambanya.Jadikanlah diri hanya sebagai hamba Allah,bukan hamba Iblis yang telah dilaknak oleh Allah.Janganlah takut kepada dukun melainkan hanya takutlah kepada Allah.Ingat pesan Allah: “Janganlah kamu takut kepada sesama manusia,tetapi takutlah kepada-Ku”(QS.Al Maaidah:44), “Allahlah yang berhak kamu takuti,jika kamu benar-benar orang yang beriman” (QS.Taubah:13), “Sesungguhnya orang-orang yang takut kepada Tuhannya yang tidak Nampak oleh mereka akan memperoleh ampunan dan pahala yang besar”(QS.Al Mulk:12).

SAUDARA-SAUDARA PENCINTA KEKEBARAN
Akhirnya penulis berkesimpulan bahwa dukun adalah utusan Iblis untuk menandingi dakwah Rasulullah SAW.Di kala Rasulullah SAW mengajarkan kebenaran, maka Iblis melalui dukun tampil mengajarkan kesesatan. Ketika Islam menunjutkan kepada jalan yang benar maka dukun menunjutkan kita kepada kesesatan. Oleh karena itu,wahai saudaraku waspadalah terhadap tipu daya setan melalui dukun,dan tetapkah di jalan Allah yang benar dan Semoga Allah memberi petunjuk dan kekuatan bagi kita semua untuk menjauhkan diri dari tipu daya Iblis beserta pasukannya.
WASSALAMU ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s