RAMADHAN SEBAGAI SEKOLAH UMAT ISLAM

Posted on Updated on

ASSALAMU ALAIKUM WR.WB
Al-hamdulillah, puji syukur kita kepada Allah, di mana kita masih diberi nikmat karunia-Nya, sehingga sampai saat ini, kita masih bisa menyaksikan dan menyambut lagi kedatangan Bulan suci Ramadhan, pada tahun ini. Salam penghormatan dan keselamatan kita kirimkan kepada guru agama kita Rasulullah Muhammad SAW yang telah mengajar kita ajaran agama yang benar sehingga kita bebas dari ajaran-ajaran nenek moyang yang sesat.
Jemaah muslimin wal muslimat yang semoga dirahmati Allah
Pada malam ini saya akan membawakan ceramah singkat yang berjudul Ramadan
sebagai sekolah umat islam
th_154
Bulan Ramadhan adalah bulan, dimana Al-Qur`an diturunkan, bulan yang penuh berakah dengan pelipatgandaan pahala sebuah amalan, bulan yang penuh pengampunan, bulan, dimana pintu surga dibuka lebar-lebar dan pintu neraka ditutup rapat-rapat, dan bulan di mana para syaitan dibelenggu dari menggoda manusia.
Sebagaimana sabda Nabi saw yang artinya:
إ“Jika Bulan Ramadhan telah tiba, maka (pintu) surga dibuka lebar-lebar, (pintu) neraka ditutup rapat-rapat, dan para syetan dirantai.”

Dengan dibukanya pintu surga maka kita semua diberi kesempatan untuk memasukinya dengan melewati jalannya yaitu beriman dan beramal saleh kecuali orang bodoh tidak mau masuk surga.
Dengan ditutupnya neraka maka kita semua disayang Allah dengan tidak membiarkan kita masuk neraka kecuali orang bodoh yang mau masuk neraka yaitu orang yang tetap melewati jalan menuju neraka dengan suka mengikuti nafsu dan ajakan setan.
Dengan dirantai atau dipenjaranya setan sehingga tidak kuasa lagi berkeliaran menggoda manusia maka kita bisa memperbanyak amal ibadah dan meninggalkan dosa kecuali orang bodoh yang membebaskan setan dari penjaranya untuk menemani dirinya di bilan Ramadhan.
Kaum muslimin dan muslimat yang semoga dirahmati Allah.
Bulan Ramadhan adalah bulan pendidikan dan latihan bagi orang yang mau menjadi muslim.Pendidikan diperoleh dengan mempelajari agama Islam dan latihan memperanyak menahan diri,menahan nafsu dan memperbanyak ibadah supaya nanti di luar ramadhan menjadi muslim yang sebenarnya, yang bukan hanya di KTP
Bulan Ramadhan adalah bulan rahmat bagi orang yang sudah muslim karena dilipatgandakan pahalanya,diampuni dosa-dosanya dan dibebaskan dirinya dari api neraka.
Hal ini adalah untuk melahirkan orang-orang yang mempunyai predikat takwa dan yang taat kepada Allah SWT.
Atas dasar itulah, diwajibkan kepada umat Islam untuk melaksanakan ibadah puasa, sebagaimana firman Allah SWT:

“Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan kepada kamu untuk mengerjakan ibadah puasa, sebagaimana telah diwajibkan kepada orang-orang yang telah terdahulu daripada kamu, supaya kamu termasuk orang-orang yang takwa.”

Dari ayat ini jelaslah, bahwa tujuan disyari’atkan puasa, untuk menjadikan kita orang-orang yang bertakwa. Jadi Bulan Ramadhan bisa diibaratkan sebuah sekolah yang mendidik dan melatih umat Islam agar menjadi orang yang bertakwa.
Maka beruntunglah bagi siapa yang menjalani bulan ini dengan memanfaatkan waktu dan kesempatan belajar dan berlatih untuk beramal shalih sebanyak-banyaknya sehingga ia mendapat gelar takwa.
Dan merugi pulalah bagi siapa yang tidak lulus, karena tidak memanfaatkan kesempatan yang ada untuk beramal shalih. Mengingat pahala amal shalih pada bulan ini dilipatgandakan, do’a dikabulkan, dan para setan-setan dibelenggu (tidak menggoda manusia), pintu neraka ditutup rapat-rapat dan pitu surga dibuka lebar-lebar.
Sebagai kesimpulan marilah kita memanfaatkan bulan ramadhan ini untuk membimbing diri kita menjadi muslim yang bertakwa,karena hanya orang yang bertakwalah akan memperoleh keselamatan hidup di dunia dan di akhirat.Akhir kata kalau ada sumur di ladang boleh kita menumpang mandi,kalau ada umur yang panjang nanti kita bertemu lagi,wassalamu alikum Wr.Wb.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s