TRADISI BARZANJI DALAM TINJAUAN SYARIAT (1)

Posted on Updated on

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Di dunia Islam,termasuk di Indonesia,barzanji adalah salah satu amalan yang populer dilakukan sebagai pelengkap dalam hajatan aqiqah;sunatan;bangun rumah;pindah rumah;syukuran;perkawinan dan ritual ‘cuci rumah’ atas kematian salah seorang penghuninya dan sebagainya,yang bukan hanya dilakukan oleh orang-orang yang tidak mengerti agama,melainkan pula oleh sebahagian ulama-ulama dan imam-imam di kampung-kampung yang dianggap telah mengerti ajaran Islam.
Sebahagian masyarakat Islam yang melakukan barzanji menganggapnya sebagai salah satu syiar Islam yang dapat meningkatkan kecintaan kepada Rasulullah SAW.Sebahagian lainnya mempercayai bahwa barzanji merupakan suatu amalan yang dapat mendatangkan berkah,jalan untuk mempermudah rezki dan usaha untuk membuang kesialan.Sedangkan yang lainnya hanya ikut-ikutan melakukan karena menganggap barzanji itu adalah sesuatu yang harus dilakukan oleh umat Islam.Mereka beranggapan seperti itu karena melihat barzanji itu umum dilakukan oleh masyarakat sekampungnya,apalagi dipimpin oleh imam yang mereka tahu sebagai pemimpin umat Islam.
Sebahagian lagi masyarakat Islam menolak atau tidak mengamalkan tradisi barzanji karena menganggap bahwa kepercayaan dan amalan barzanji tidak memiliki dasar dan tunutan dalam Al Quran dan Hadist.Kelompok ini menolak segala kepercayaan dan amalan yang tidak memiliki dasar dan tuntunan dalam Al Quran dan Hadist karena menganggap sebagai amalan sesat dan menyesatkan.Mereka menganggap barzanji bukannya untuk mendapatkan berkah dan membuang sial,tetapi amalan yang dapat membuang berkah dan mendatangkan kesialan,karena segala kesesatan tempatnya adalah neraka.
Kelompok yang pro barzanji di Indonesia memiliki banyak pengikutnya.Kelompok yang dipelopori oleh Ulama-ulama tradisional Nahdatul Ulama (NU) ini,bukan hanya diikuti oleh pengikut NU,melaikan oleh masyarakat pedesaan yang dipimpin oleh imam-imamnya,orang-orang yang berilmu dan para pengikut tarekat atau pengikut aliran kebatinan.Sedangkan kelompok yang kontra juga merupakan kelompok besar walaupun tidak sebesar dengan kelompok yang pro.Kelompok yang kontra ini dipelopori oleh ulama-ulama yang berfikiran modern,yang telah terinspirasi oleh gerakan pembaharuan Islam di Mekah dan di Mesir,yang ingin membersihkan Islam dari praktek-praktek yang bertentangan dengan ajaran Al Quran dan hadist.

Di Indonesia,kelompok yang kontra itu adalah golongan Muhammadyah,Pengikuti organisasi Islam dan umat Islam yang beraqidah ahlu sunnah wal jamaah dan kelompok orang-orang yang berpendidikan yang mempelajari Al Quran langsung pada sumbernya,yaitu Al Quran dan hadist.
Kedua kelompok di atas (Pro dan kontra),saling menuding,mengklaim atau memvonis,bahwa kelompoknyalah yang benar dan kelompok lainnya salah,sesat dan menyesatkan.Bahkan dalam kelompok masyarakat Pro,pengikut kelompok kontra ditolak,dihina dan dianggap pengikut aliran sesat atau pengikut agama baru.Lalu siapakah yang sesungguhnya yang benar dan siapakah yang salah,sesat dan menyesatkan ?

B. PERMASALAHAN DAN ACUAN
Sesama umat Islam tetapi berbeda keyakinan dan terpecah dalam agama.Kelompok pro percaya dan mengangung-agungkan tradisi barzanji sedangkan kelompok kontra tidak percaya dan merendahkan tradisi barzanji,timbul permasalahan:
1. Mengapa ada yang melakukan barzanji dan ada yang tidak melakukan atau meninggalkannya ?
2. Benarkan pendapat kelompok pro bahwa barzanji itu adalah bagian dari sunnah/syiar Islam untuk meningkatkan kecintaan kepada Nabi SAW,yang dapat mendatangkan berkah atau membuang sial ?,dan pendapat kelompok kontra bahwa barzanji itu bukan sunnah tetapi amalan sesat yang dapat menghilangkan berkah dan mengundang kesialan dan menyebabkan kebencian Allah dan rasul-Nya ?
3. Adakah manfaat melakukan barzanji dan adakah pula kerugiannya bila meninggalkannya ?
4. Benarkan keterangan ulama pro bahwa barzanji termasuk bid’ah yang baik dan keterangan ulama kontra bahwa barzanji itu termasuk bid’ah yang buruk atau sesat.
5. Siapakah diantara kedua kelompok (yang pro dan yang kontra),yang benar dan yang sesat ?
Menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas,apalagi memutuskan apakah suatu kelompok benar atau salah,mengikuti petunjuk atau tersesat,bukanlah perkara yang mudah,dan bukan kewenangan penulis, karena kita harus memiliki dasar hukum dan pertimbangan untuk memutuskannya.Dan keputusan benar atau sesatnya seseorang dari jalan Allah, penulis serahkan kepada pembaca. Dasar yang dipakai penulis dalam kajian ini adalah :
a. Dasar utama,yaitu dalil sunnah yang sesuai dengan al Quran dan hadist,yaitu
1). Sunnatullah (Al Quran)
2). Sunnah Rasul (Hadist)
3). Sunnah khalafaur rosyidin (Fatwa sahabat nabi sepeninggalnya)
b. Dasar penunjang,yaitu pendapat para ulama ahlu sunnah waljamaah,yaitu pendapat yang sesuai dengan dasar utama di atas.
Dari kedua dasar di atas di atas,maka yang menjadi acuan penulis dalam menemukan suatu kebenaran adalah:
1. Kebenaran adalah ajaran kepercayaan dan amalam yang memiliki dasar dan tuntunan dalam Al Quran,Sunnah Rasul dan Sunnah khalafaur rosyidin.Sedangkan yang tidak memiliki dasar dan tuntunan dari (Salah satu dari) ketiganya adalah salah,bid’ah atau sesat.
2. Pendapat atau ajaran yang benar adalah pendapat atau ajaran yang sesuai dengan Al Quran,sunnah Rasul dan Sunnah Khalafaur rosyidin.Sedangkan yang tidak sesuai dengan (Salah satu dari) ketiganya adalah ajaran yang salah,dan sesat.
3. Dasar atau ajaran yang lebih rendahkedudukannya tidak boleh bertentangan dengan dasar yang lebih tinggi,artinya fatwa ulama atau sahabat tidak boleh bertentangan dengan sunnah rasul (Hadist) sedangkan suatu hadist tidak boleh bertentangan dengan dalil Al Quran.Hadist lemah yang bertentangan dengan Al Quran atau hadist sahih,tidak dijadikan penulis sebagai acuan dalam menemukan kebenaran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s