ZIARAH KUBUR:HARUSKAH SIRAM AIR DAN TABUR BUNGA ?

Posted on Updated on

Sebagian masyarakat Islam kalau hendak berziarah kubur baik kuburan biasa maupun kuburan keramat maka terlebih dahulu mempersiapkan air dan bunga yang berawarna-warni yang dicampur dengan daun pandang.Apalagi sepulang lebaran mereka beramai-ramai ke perkuburan sampai perkuburan menjadi seperti sebuah tempat perayaan.Apakah Islam mensyariatkan siram air dan tabur bunga bila berziarah kubur ?.Tentunya kita kembalikan kepada sumber ajaran Islam yaitu Al Quran dan Sunnah Rasul (hadis).
DSC00627
Ziarah kubur disyariatkan (sunnah) sebagaimana sabda Rasulullah SAW:”Aku pernah melarang kamu ziarah kuburan,maka searang berziarahlah”(HR.Muslim)”karena ziarah itu mengingatkan kepada akhirat”(HR.Tirmidzi) dan mengurangi kecintaan kepada dunia (HR.Ibnu Majah).Khusus bagi wanita terdapat dua pendapat antara yang membolehkan ziarah kubur dan yang memakruhkan ziarah kubur.Terdapat sebuah hadis dari Abu Huraerah dimana bahwa Rasulullah SAW melaknak perempuan-perempuan yang ziarah kubur (HR.Tirmidzi).Dan pada hadis lain yang bersumber dari Aisyah (istri Rasulullah SAW) yang hendak menziarahi kuburan saudaranya, mengatakan “Adalah Rasulullah SAW mengajarkan bahwa bila ziarah kubur maka ucapkanlah:’Assalamu alaikum ahlad diyari minal muminin wal muslimin ,wa inna insya Allah Taala ikum lahikuna.Nas alullaha lana walakumul’afiata (mudah-mudahan keselamatan tercurahkan atasmu,wahai ahli ubur dari kaum mukminin dan kaum muslimin,dan kami kalau Allah menghendaki akan menemui kamu,kami minta kepada Allah keselamatan untuk ami dan untuk kamu)”(HR.Muslim).
DSC00624
Dari Usman ra,ia berkata:”Rasulullah apabila selesai menguburkan mayat,beliau berdiri di pinggir kubur itu dan berkata:’mintakanlah ampunan bagi saudara kamu dan mintakanlah ketetapan baginya karena ia sedang ditanya”(HR.Abu Daud).
Dari Aisyah diceritakan bahwa pernah suatu malam Rasulullah SAW berziarah ke perkuburan baqi,beliau berdiri lama lalu mengangkat kedua tangannya 3 X,kemudian beliau pulang.Sesampai di rumah beliau bersabda bahwa beliau ke perkuburan Baqi malam itu atas ajakan Jibril as dan Jibril berkata:”sesungguhnya Tuhanmu menyuruhmu untuk mendatangi penghuni kubur Baqi,lalu mohonkan ampunan bagi mereka”(HR.Muslim).
Pada sebuah hadis lagi dirwayatkan bahwa Nabi SAW ketika berziarah ke kuburan naknya,Ibrahim,beliau menyiramkan air atas kebur anaknya dan beliau menaruh atasnya batu-batu kecil (HR. Syafie).Hadis ini menurut ulama sedikit lemah,namun tidak bertentangan dengan salah satu ayat atau hadis.Namun pada hadis-hadis yang sahih tidak dikabarkan yang seperti itu.
Berdasarkan hadis-hadis di atas,maka dapat dikemukakan bahwa:
1. Ziarah kubur tidak mengharuskan kita menyiram air dan tabur bunga,yang disyariatkan adalah mendoakan keselamatan penghuni kubur.
2. Berdoa di kuburan dilakukan dengan cara berdiri dan buka jongkok sebagaimana yang biasa dilakukan orang.
3. Tidak ada dalil hadis yang menyuruh kita membaca ayat-ayat al Quran di kuburan atau yang pahalanya dikirim kepada orang mati,yang diajarkan hanyalah membaca doa.
4. Tidak ada ketentuan waktu untuk ziarah kubur,kapan saja boleh dilakukan,siang atau malam.Jadi tidak ada keistimewaan berziarah kubur sepulang lebaran,bahkan Rasulullah SAW menegur orang-orang yang suka meramaikan kuburannya,mengatakan:”Janganlah kamu menjadikan kuburku sebagai hari raya,tetapi bershalawatlah atasku di mana-mana amu berada,karena shalawat kamu akan sampai kepadaku”(HR.Abu Daud).Jadi kalau kuburan Nabi saja kita dilarang meramaikannya maka lebih-lebih kuburan manusia lainnya yang bukan nabi.Mendoakan orang mati tidak harus ke kuburan pula,di mana-manapun kita bisa mendoakan mereka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s